Enid Blyton

Enid Blyton


Enid Blyton (lahir 11 Agustus 1897 – meninggal 28 November 1968 pada umur 71 tahun) adalah seorang penulis buku cerita anak berkebangsaan Inggris yang populer. Karya-karyanya sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia, termasuk dalam bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama. Ia adalah salah satu penulis buku cerita anak yang paling terkenal di abad 20.

Beliau telah menulis berbagai cerita anak berdasarkan berbagai macam karakter dari berbagai macam umur. Hasil karyanya sukses di manapun juga di dunia, dan telah terjual lebih dari 400 juta eksemplar. Pastinya, beliau termasuk dalam Enam Penulis Terpopuler di Dunia, diterjemahkan lebih dari 3400 bahasa, dan terdaftar dalam data terjemahan milik UNESCO.

Salah satu karakternya yang terkenal adalah Noddy, yang ditujukan untuk pembaca yang masih tahap awal, atau anak-anak berumur 4-7 tahun. Bagaimanapun juga, pembaca utama bukunya adalah anak-anak yang tidak memerlukan bimbingan dalam membaca untuk masuk ke petualangan yang diciptakan oleh beliau. Dalam golongan pembaca yang ini, banyak buku berseri yang sangat popular didunia, diantaranya adalah Lima Sekawan (terdiri dari 21 buku, 1942-1963, cerita berdasarkan empat anak dan seekor anjing), Pasukan Mau Tahu ( terdiri dari 15 buku, 1943-1961, dimana lima anak yang sedang ebrlibur sering bermasalah dengan polisi lokal), begitu juga dengan Sapta Siaga (terdiri dari 15 buku, 1949-1bercerita tentang tujuh anak yang memecahkan berbagai misteri).

Hasil karyanya terdiri dari cerita petualangan, fantasi atau khayalan, dan kadang melibatkan sihir.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Enid_Blyton

0 komentar: